Selasa, 08 November 2016

PEMECAHAN MASALAH LAYANAN DNS SERVER


BY : MU’AMAR ABIM A

            Domain Name System (DNS) adalah Distribute Database System yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di rangkaian yang menggunakan TCP/IP. DNS merupakan sebuah aplikasi service yang biasa digunakan di internet seperti web browser atau e-mail yang menerjemahkan sebuah domain ke IP address. (Wijanarko, 2010)

Review Pengenalan DNS server
Sebelum berkenalan dengan DNS, awal mulanya jaringan komputer menggunakan file HOSTS yang berisi informasi mengenai nama komputer beserta alamat IP-nya.
File jenis ini sangatlah merepotkan dan juga tidak efisien bagi pengguna internet dikarenakan kita harus copy versi terbaru dari file HOSTS di setiap lokasi pada jaringan internet. Maka dari itu, DNS dibuat guna menggantikan peran dari file HOSTS tersebut.
Domain name system atau yang biasa disingkat dengan DNS merupakan sebuah sistem yang berfungsi menterjemahkan alamat IP ke nama domain atau sebaliknya, dari nama domain ke alamat IP. Jadi, host komputer mengirimkan queries berupa nama komputer dan domain name server yang kemudian dipetakan ke dalam alamat IP oleh DNS .
Sebagai contoh, ketika anda mengetikkan sebuah alamat suatu website misalkan : detik.com, maka DNS akan menterjemahkannya ke dalam alamat IP : 203.190.242.69 agar dapat dimengerti oleh komputer.
DNS biasanya digunakan pada aplikasi yang terhubung pada internet seperti web browser maupun pada sebuah layanan email. Selain itu, DNS juga dapat di terapkan pada private network maupun intranet. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh DNS :
Dengan menggunakan DNS, pengguna tidak perlu lagi menghafalkan alamat IP dari sebuah komputer maupun situs pada jaringan internet. Cukup menghafalkan host name atau nama domainnya saja. Bisa jadi alamat IP pada sebuah komputer bisa berubah, tetapi host name (nama komputer) tidak dapat berubah. Maka dari itu, DNS cenderung konsisten.
DNS sangat mudah di implementasikan dengan protocol internet seperti TCP/ IP. (MEDIA, tanpatahun)

Review konfigurasi dan instalasi DNS server
Mengkonfigurasi DNS
Mulai mengkonfigurasi Server Wizard. Untuk melakukannya, klik mulai, arahkan ke Semua program, arahkan keAlat administratif, dan kemudian klik Mengkonfigurasi Wisaya Server Anda.
Pada halaman Peran Server , klik DNS server, dan kemudian klik berikutnya.
Di halaman Ringkasan pilihan , lihat dan konfirmasi pilihan yang telah Anda pilih. Item berikut ini akan ditampilkan di Halaman ini:
Instal DNS
Jalankan Konfigurasi Wizard DNS Konfigurasi DNS
Jika halaman Ringkasan pilihan daftar kedua item, klik berikutnya. Jika halaman Ringkasan pilihan tidak mencantumkan kedua item, klik kembali untuk kembali ke halaman Peran Server , klik DNS, dan kemudian klikberikutnya.
Ketika Wisaya Konfigurasi Server Anda menginstal layanan DNS, pertama-tama menentukan apakah alamat IP server statis atau dikonfigurasi secara otomatis. Jika server Anda saat ini dikonfigurasi untuk mendapatkan alamat IP secara otomatis, halaman Mengkonfigurasi komponen Wisaya komponen Windows akan meminta Anda untuk mengkonfigurasi server ini dengan alamat IP statis. Untuk melakukannya:
Di kotak dialog Properti sambungan Area lokal , klik Protokol Internet (TCP/IP), dan kemudian klikproperti.
Di kotak dialog Properti Protokol Internet (TCP/IP), klik Gunakan alamat IP berikut, lalu ketik alamat IP tetap, subnet mask, dan default gateway untuk server ini.
Di DNS yang Anda pilih, ketik alamat IP server ini.
Alternatif DNS, ketik alamat IP server DNS internal lain, atau kosongkan kotak ini.
Setelah selesai menata statis alamat DNS, klik OK, dan kemudian klik tutup.
Setelah Anda meng-klik tutup, Konfigurasi DNS Server Wisaya berjalan. Pada Wisaya, ikuti langkah-langkah berikut:
Pada halaman Pilih konfigurasi tindakan , pilih kotak centang membuat zona maju pencarian , dan kemudian klik berikutnya.
Untuk menentukan bahwa DNS ini host zona DNS yang berisi sumber daya DNS catatan sumber daya jaringan Anda, halaman Utama Lokasi Server , klik server ini mempertahankan zona, dan kemudian klikberikutnya.
Pada halaman Zona nama , di zona nama, Tentukan nama zona DNS untuk jaringan Anda, dan kemudian klik berikutnya.
Pada halaman Perbaruan dinamis , klik memungkinkan pembaruan dinamis yang tidak aman dan aman, dan kemudian klik berikutnya.
Pada halaman forwarder , klik ya, harus meneruskan permintaan ke server DNS dengan alamat IP berikut, dan kemudian klik berikutnya.
Halaman menyelesaikan Konfigurasi DNS Wizard Konfigurasi DNS Wizard, Anda dapat mengklik kembaliuntuk mengubah pengaturan. Untuk menerapkan pilihan Anda, klik selesai. (support, tanpatahun)

Inbond
Inbound Link adalah link dari postingan kita atau dari homepage kita sendiri maupun dari website orang lain yang mengarah pada website kita. Jadi, analoginya seperti ini :Jika situs A melakukan link kepada situs B maka bisa dikatakan situs A mempunyai Outbound Link terhadap situs B dan situs B mempunyai Inbound Link terhadap situs A. (ENTREPRENEUR, 2014)

Outbond
Outbound Link adalah link dari situs web atau blog kita menuju ke situs lain. Ketika pengunjung mengklik link tersebut, maka visitor tersebut akan meninggalkan situs atau blog kita. (sebastian, 2011)

BIODATA

Nama : MU’AMAR ABIM AMIRULLAH
Alamat : Sumberjo, Sanan Kulon, BLITAR
Hobby : Sport

Motto : Tidak ada batasan dari perjuangan

DAFTAR PUSTAKA

ENTREPRENEUR, K. (2014, 8 -). Pengertian Inbound dan Outbound Link. Retrieved 11 9, 2016, from Master SEO dan WEB: http://masterseodanweb.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-inbound-dan-outbound-link.html
MEDIA, N. (tanpatahun, - -). Fungsi dan Cara Kerja DNS pada Jaringan Komputer. Retrieved 11 9, 2016, from NESABA MEDIA: http://www.nesabamedia.com/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-dns-pada-jaringan-komputer/
sebastian. (2011, 6 -). Pengertian atau Definisi Outbound Link. Retrieved 11 9, 2016, from Carapada: http://carapada.blogspot.co.id/2011/06/pengertian-outbond-link-dan-dampaknya.html
support. (tanpatahun, - -). Cara menginstal dan Mengkonfigurasi DNS Server di Windows Server 2003. Retrieved 11 9, 2016, from Cara menginstal dan Mengkonfigurasi DNS Server di Windows Server 2003: https://support.microsoft.com/id-id/kb/814591
Wijanarko, S. (2010, 12 -). pengertian dns server dan fungsinya kegunaanya terlengkap. Retrieved 11 9, 2016, from Tips Komputer: http://defas56.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-dan-fungsi-dns-server.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar