Selasa, 01 November 2016

Pemecahan masalah pada perangkat jaringan nirkabel


By : Mu’amar Abim Amirullah


Perangkat bluetooth

Aplikasi Bluetooth adalah identik dengan handsfree, headset bluetooth untuk telepon seluler, Tapi teknologi ini menakjubkan dan tidak hanya sekedar sebuah teknologi Aplikasi headset bluetooth  dari ponsel, tapi aplikasi Bluetooth telah telah diadopsi dan pada perangkat jaringan komputer atau yang lebih familiar dengan istilah bluetooth pc seperti mouse, keyboard, printer dll. Bluetooth adalah dari golongan golongan Personal Area Network (PAN), mentransmisikan menggunakan gelombang radio frekuensi yang sama, 2.4 GHz, sebagai jaringan nirkabel. Bluetooth mengirimkan dan menerima pada frekuensi radio yang lebih dari satu. Perangkat Bluetooth memanfaatkan aplikasi teknik yang dikenal sebagai frekuensi hopping mana perangkat beralih antara 79 frekuensi yang berbeda lebih dari 1.600 kali kedua. Teknik ini membantu perangkat yang berbeda menghindari gangguan dengan perangkat lain, seperti microwave.dan transmisi Wi-Fi lainnya. (jaringankomputer, 2014)

Perangkat Access point

Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.
Atau Agar kita lebih mudah untuk memahaminya maka bisa dibilang sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan alat-alat dalam suatu jaringan, dari dan ke jaringan Wireless.
Fungsi Access Point
Secara garis besar, access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
Atau jika ingin diperinci lebih jelas lagi fungsi access point adalah sebagai berikut :
1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
4. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel. (sanha, 2015)

Perangkat Grid antenna
Antena grid merupakan salah satu antena wifi yg paling populer. Perangkat keluaran TPLINK ini berfungsi untuk memperkuat dan mengarahkan sinyal wireless untuk melakukan koneksi point to point, multi point, atu sebagai client dai RT/RW NET.
Fungsinya adalah dimana antenna ini adalah menerima dan mengirim signal data dengan sisitem gelombang radio 2,4 Mhz.Dimana data tersebut bisa dalam bentuk intranet atau internet.
Macam-macam antena grid
Antena Grid Hyperlink 24 dBi (HG2424G-NF)

Antena Grid 24 dBi ini didesain untuk Sistem Komunikasi menggunakan Wireless LAN. Karakteristik antena ini antara lain : High Gain, Jarak Jauh, dan F/B Ratio yang besar.
Antena ini cocok dipergunakan untuk mengatasi kendala komunikasi dan mengirimkan transmisi secara efektif. Terbuat dari Stainless Steel kualitas industri, dan dilapis oleh bahan tahan karat.
Antena ini sangat baik dipergunakan pada berbagai macam lingkungan, seperti di atas gedung, di atas tower, di atas bukit. Setiap antena diuji secara ketat mempergunakan network analysis instrument sebelum dikirimkan.  (Srg, 2012)

Perangkat Antena omnidirection

Antena OmniDirectional terkadang disebut sebagai antena nondirectional, adalah sebuah perangkat penerima yang mampu mengirim dan menerima sinyal dari segala arah. Antena jenis ini dapat digunakan untuk menerima sinyal siaran televise atau siaran audio dari stasiun radio, atau memungkinkan perangkat robot untuk dioperasikan dengan menggunakan microwave atau teknologi wireless. Handphone atau layanan telepon selular, serta koneksi internet nirkabel menggunakan antena omnidirectional sebagai bagian dari proses broadcasting sinyal stabil ke perangkat tersebut. (nurjanah, 2015)


Perangkat Antena pico

·         Sediakan kabel LAN tipe Straigh 2 unit
·         Pasang kabel LAN dari AP ke POE dan Lan AP ke komputer/laptop
·         Set IP komputer/laptop satu jaringan dengan AP yaitu (192.168.1.xxx)
·         Buka browser dan ketikkan IP AP 192.168.1.20 (enter)
·         Isi username dan password dengan "ubnt"
·         Select Country ganti dengan Indonesia dan ceklist pernyataan bahwa kita setuju dengan pengaturan tersebut lalu click OK (Accept)
·         Maka sahabat akan di bawa kehalaman pengaturan Access Point Ubiquity PicoStation M2HP 
·         Click menu WIRELESS lalu ganti Wireless Mode dengan Access Point
·         SSID sesuaikan dengan keinginan sobat
·         Country Code "Indonesia"
·         Channel Width "20Mhz"
·         Yang lain biarkan default Lalu Click Change
·         Pindah ke Menu NETWORK
·         Network Mode pilih Router
·         Network Setting pada bagian WAN(dari LAN) set IP boleh DHCP atau Static ( kalua DHCP set Fallback IP satu jaringan dengan sumber internet (modem) atau bahasa kerennya Gateway, kalau Static set IP Gateway  dengan IP Modem/Sumber Internet)
·         Network Setting pada bagian Wireless(WLAN) set IP sebaiknya DHCP agar semua client yang conect bisa mendapatkan IP secara otomatis.
·         Lalu Click Change lagi
·         Selanjutnya pindah ke menu paling kiri yang ada logo Ubiquity hilangkan ceklist Airmax
·         Click Change lagi
·         Lalu Click Apply agar semua settingan yang kita buat tersimpan dan AP akan restart/reboot sendiri.
Jika semua lampu AP menyala berarti settingan sudah benar dan sobat bisa tes conect ke AP dan jangan lupa kabel yang tadi di pasang ke komputer/laptop di pindahkan ke Modem/Router/Switch atau sejenisnya yang memberikan sumber internet. (nadifadiva, 2015)

Perangkat wireless repeater / router

Sebuah repeater adalah fasilitas yang paling sederhana yang digunakan untuk interkoneksi jaringan. Fungsi repeater adalah untuk menerima dan memperkuat sinyal jaringan dari satu terminal LAN  dan memancarkan sinyal-sinyal ke dalam kekuatan aslinya. Pada dasarnya repeater melahirkan kembali kekuatan sinyal sebelum transmisi.

Repeater beroperasi di model OSI lapisan fisik dan transparan untuk semua protokol yang beroperasi di lapisan atas lapisan fisik. (pintarkomputer, 2016)

BIODATA

Nama : MU’AMAR ABIM AMIRULLAH
Alamat : Sumberjo, Sanan Kulon, BLITAR
Hobby : Sport
Motto : Berehentilah meremehkan diri kamu sendiri


DAFTAR PUSTAKA
jaringankomputer. (2014, 12 8). APLIKASI BLUETOOTH DAN CARA KERJA BLUETOOTH. Retrieved 11 2, 2016, from JARINGAN KOMPUTER: http://jaringankomputer.org/aplikasi-bluetooth-pc-fungsi-cara-kerja-headset-bluetooth/
nadifadiva. (2015, 9 1). Access Point Ubiquity PicoStation M2HP. Retrieved 11 2, 2016, from --NADIFA DIVA APRILIA--: http://nadifadiva.blogspot.co.id/2015/09/konfigurasi-pico-antenna.html
nurjanah, s. (2015, 5 1). apa sih antena omni itu ? Retrieved 11 2, 2016, from BLOG ANAK TKJ 1: http://sitinurjanah99.blogspot.co.id/2015/05/apa-sih-antena-omni-itu.html
pintarkomputer. (2016, 4 1). Pengertian Repeater dan Fungsinya. Retrieved 11 2, 2016, from Pintar Komputer: http://www.pintarkomputer.info/2016/04/pengertian-repeater-dan-fungsinya.html
sanha. (2015, 12 6). Pengertian Access Point dan Fungsinya. Retrieved 11 2, 2016, from Wireless Mode: http://www.wirelessmode.net/pengertian-access-point-dan-fungsinya.html
Srg, I. (2012, 10 1). Antena Grid. Retrieved 11 2, 2016, from Berbagi.com: http://ismaelsrg4.blogspot.co.id/2012/10/antena-grid.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar