Selasa, 01 November 2016

troubleshooting lapisan aplikasi jaringan WAN


BY: MUAMAR ABIM

Application Layer
Layer aplikasi merupakan layer OSI yang paling dekat dengan user, ia memberikan servis jaringan ke aplikasi user. Layer ini berbeda dengan layer yang lain karena ia tidak memberikanlayanan pada layer lain, tetapi pada aplikasi di luar model OSI. Untuk memudahkan pemahamantentang application layer, dianalogikan dengan browser. Baik model OSI maupun TCP/IPmemiliki suatu lapisan aplikasi. Application layer menyediakan layanan untuk aplikasi misalnyatransfer file, email, akses suatu komputer atau layanan.Dalam TCP/IP, lapisan aplikasi mengandung semua protokol dan metode yang masuk dalam lingkup komunikasi proses-ke-proses melalui jaringan IP (Internet Protocol) denganmenggunakan protokol lapisan transpor untuk membuat koneksi inang-ke-inang yangmendasarinya. Sedangkan dalam model OSI, definisi lapisan aplikasi lebih sempit lingkupnya,membedakan secara eksplisit fungsionalitas tambahan di atas lapisan transpor dengan dualapisan tambahan: lapisan sesi dan lapisan presentasi. OSI memberikan pemisahan modular yang jelas fungsionalitas lapisan-lapisan ini dan memberikan implementasi protokol untuk masing-masing lapisan.Application Layer berfungsi sebagai interface antara aplikasi yang dihadapi user andresource jaringan yang diakses. Sesuai namanya, lapisan ini menjembatani interaksi manusiadengan perangkat lunak/software aplikasi. (Setiawan, 2012)

Pengertian dan Fungsi HTTP

HTTP berasal dari bahasa inggris berupa singkatan dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP). HTTP merupakan sebuah Protokol atau Penyerta awal yang digunakan WWW (World Wide Web) sebagai pelengkap berjalannya sebuah koneksi di internet.
Secara khusus HTTP dapat diartikan sebagai pesan yang berbentuk format dan dapat dikirim melalui sebuah server ke Client. HTTP juga berfungsi sebagai alat yang mengatur bentuk dan aksi apapun yang dilakukan oleh Web Server juga Web Browser untuk direspon atas perintah yang ada pada Protokol HTTP. Jika masih bingung, maka saya akan mengilustrasikan pengertian HTTP secara mudah, Ilustrasi HTTP yaitu:

“Ketika Anda mengetikkan sebuah alamat atau URL di browser (seperti Mozilla), maka ketika anda menekan tombol enter atau cari, secara otomatis web browser akan melakukan penelusuran melalui perintah ke HTTP sesuai dengan alamat yang dituju. Kemudian setelah web server menampilkan perintah dari HTTP melalui browser tadi, maka web server akan melacak data yang anda inginkan dan akan segera ditampilkan jika data tersebut masih ada.” . (terwujud, 2014) 

NCP (NetWare Core Protocol)
adalah sebuahprotokol jaringan yang digunakan dalam beberapa produk dari Novell, Inc Hal ini biasanya berhubungan dengan sistem operasi NetWare, tetapi bagian dalamnya telah diimplementasikan pada platform lain seperti Linux, Windows NT dan berbagai rasa dari Unix. (Blog, 2013)

Server Message Block disingkat SMB 
adalah istilah bahasa Inggris dalam teknologi informasi yang mengacu kepada protokol client/server yang ditujukan sebagai layanan untuk berbagi berkas (file sharing) di dalam sebuah jaringan. Protokol ini seringnya digunakan di dalam sistem operasi Microsoft Windows dan IBM OS/2. Sistem operasi berbasis UNIX juga dapat menggunakannya dengan tambahan perangkat lunak yang disebut dengan SAMBA.
Protokol SMB ditemukan oleh Dr. Barry Feignbaum dari Laboratorium Boca Raton milik IBM pada saat sistem operasi MS-DOS masih berjaya. Protokol itu selanjutnya dikembangkan lebih lanjut oleh 3Com Corporation, IBM, Intel, dan Microsoft pada pertengahan dekade 1980 hingga akhir dekade tersebut. SMB awalnya menggunakan protokol NetBIOS sebagai protokol di mana ia berjalan, sebelum menggunakan protokol NetBIOS over TCP/IP (NBT) sebagai protokol lapisan transport-nya. Dengan begitu, SMB juga dapat digunakan dalam sebuah jaringan TCP/IP yang lebih luas dukungannya.
SMB mendukung fungsi-fungsi seperti:
Membuka dan menutup koneksi antara klien-klien SMB (yang disebut sebagai Redirector) dan server SMB (komputer yang menjalankan file and print services) untuk mengizinkan klien agar dapat mengakses sumberdaya di dalam jaringan.
Menemukan, membaca, dan menulisi berkas dalam sebuah file server.
Menemukan dan menggunakan alat pencetak yang digunakan bersama-sama untuk mencetak secara jarak jauh. (wikipedia, 2013)

PENGERTIAN PROTOKOL JARINGAN
Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet. (Rompas, 2012)


BIODATA

Nama : MU’AMAR ABIM AMIRULLAH
Alamat : Sumberjo, Sanan Kulon, BLITAR
Hobby : Sport
Motto : Untuk mendapatkan kesuksesan, keberanianmu harus lebih besar daripada ketakutanmu

DAFTAR PUSTAKA

Blog, L. (2013, 6 22). NCP (NetWare Core Protocol). Retrieved 10 26, 2016, from LyndzZ's Blog: http://nunalinda.blogspot.co.id/2013_06_01_archive.html
Rompas, D. (2012, 11 1). pengertian protokol jaringan. Retrieved 11 2, 2016, from MilkyWay☆: http://dinda-rompas.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-dan-jenis-jenis-protokol.html
Setiawan, H. C. (2012, 11 1). APPLICATION LAYER. Retrieved 10 26, 2016, from Hanif Cahya S ,,Indonesia Song Writer: http://hanifcahyas.blogspot.co.id/2012/11/application-layer_30.html
terwujud. (2014, 1 1). PENGERTIAN HTTP ATAU HYPERTEXT TRANSFER PROTOCOL. Retrieved 10 26, 2016, from PENGERTIAN HTTP ATAU HYPERTEXT TRANSFER PROTOCOL: http://www.terwujud.com/2014/01/pengertian-http-atau-hypertext-transfer.html
wikipedia. (2013, 4 17). wikipedia. Retrieved 10 26, 2016, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Server_Message_Block



Tidak ada komentar:

Posting Komentar