Selasa, 01 November 2016

Pemecahan masalah layanan web server

By: Mu’amar Abim Amirullah



Pengertian Web server 
adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atauHTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. itulah pengertian web server sebenarnya. dalam bentuk sederhana web server akan mengirim data HTML kepada permintaan web Browser sehingga akan terlihat seperti pada umumnya yaitu sebuah tampilan website. (Ahmad, 2016)

Review Pengenalan protokol HTTP
Pengertian HTTP  dibangun dari singkatan Hypertext Transfer Protocol. HTTP dapat diimplementasikan ke salah satu protokol Internet.  Namun menggunakan suite protocol TCP / IP yang paling populer.  Sebuah klien HTTP membentuk koneksi TCP dengan host.  Port 80 adalah port default yang digunakan untuk membentuk hubungan antara klien dan server yang menggunakan HTTP untuk Menerima permintaan kemudian server menjawab dengan baris status dan pesan. (ADMIN, 2011)

Review instalasi dan konfigurasi web server
Web server adalah sebuah layanan dari server yang diberikan kepada client, yang memungkinkan client dapat membuat sebuah halaman/situs web yang dikehendaki oleh server.

Sebelumnya, para reader juga harus memahami tentang  Setting DNS Server, namun saya akan membahasnya di postingan berikutnya .

Alat Dan Bahan :


2 buah laptop, 1 laptop sebagai server dan satu lagi menjadi client
1 kabel UTP beserta konektornya , rangkai dengan tipe cross untuk menghubungkan perangkat yang sama (laptop dengan laptop)
Packet apache2 dan php5 
Langkah-langkah :
Langkah pertama adalah mengintal paket apache2 dan php5 pada debian 7.
Masuk pada direktori /etc/apache2/sites-enabled/000-default
Masukkan script ini line terbawah, pada file konfigurasi 000-default
Buat direktori database, sesuaikan dengan nama direktory yang ada pada 000-default (DocumentRoot)
Masuk pada direktory database dan ketikna nano index.php untuk membuat halaman utama website, buat halaman website anda semenarik mungkin.
Restar service apache dengan perintah service apache2 restart
Langkah terakhir adalah melakukan pengujian pada komputer client ataupun server. (Jaringan, 2015)


Klasifikasi permasalahan layanan web server

Klasifikasi jaringan komputer terbagi menjadi :
Berdasarkan geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi :
Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau tempat yang berukuran sampai beberapa 1 – 10 kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi.
Metropolitan Area Network (MAN) merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kota yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10 – 50 kilometer. Kabel transmisi yang digunakan adalah kabel serat optik (Coaxial Cable).
Wide Area Network (WAN) Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua. Jaraknya bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.
Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi :
Jaringan Klien-server (Client-server)
Jaringan klien-server pada dasarnya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari komputer lainnya yang sebagai klien (client).
Jika client membutuhkan akses data maka harus terhubung ke server terlebih dahulu.jika server mengalami masalah koneksi internet maka client akan ikut tidak terkoneksi.dengan tipe jaringan client server ini memungkinkan untuk berbagi pakai perangkat keras,memungkinkan untuk berbagi pakai perangkat keras seperti sharing printer,control jaringan lebih mudah di lakukan karna terpusat pada server, . Tentu saja konfigurasi komputer server biasanya lebih dari konfigurasi komputer klien baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras {harddisk), maupun kecepatan prosessornya.
Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer)
Jaringan ujung ke ujung itu ditunjukkan dengan komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak. (snewn, 2012)

Prosedur pemecahan masalah layanan web server
Troubleshooting adalah bentuk pemecahan masalah, sering diterapkan untuk memperbaiki produk atau proses gagal. Ini adalah pencarian logis, sistematis untuk sumber masalah untuk menyelesaikannya, sehingga produk atau proses dapat dibuat operasional lagi. Pemecahan masalah diperlukan untuk dia gejala. Menentukan penyebab yang paling mungkin adalah proses eliminasi - menghilangkan potensi penyebab masalah. Akhirnya, tips memerlukan konfirmasi bahwa solusi mengembalikan produk atau proses ke keadaan kerjanya.Secara umum, pemecahan masalah adalah identifikasi diagnosis "masalah" dalam aliran manajemen dari sebuah perusahaan atau sistem yang disebabkan oleh kegagalan dari beberapa jenis. Masalahnya adalah awalnya digambarkan sebagai gejala kerusakan, dan pemecahan masalah adalah proses untuk menentukan dan menanggulangi penyebab gejala ini.Sebuah sistem dapat digambarkan dalam hal yang diharapkan, perilaku yang diinginkan atau dimaksudkan (biasanya, untuk sistem buatan, tujuannya). Peristiwa atau input ke sistem diharapkan untuk menghasilkan hasil atau output tertentu. (Misalnya memilih "cetak" pilihan dari berbagai aplikasi komputer dimaksudkan untuk menghasilkan hardcopy muncul dari beberapa perangkat tertentu). Setiap perilaku tak terduga atau tidak diinginkan adalah gejala. Pemecahan masalah adalah proses mengisolasi penyebab atau penyebab gejala spesifik. Sering gejala adalah kegagalan produk atau proses untuk menghasilkan hasil apapun. (Tidak ada yang dicetak, misalnya) tindakan .Corrective kemudian dapat diambil untuk mencegah kegagalan lanjut dari jenis yang sama.Metode rekayasa forensik sangat berguna dalam menelusuri masalah dalam produk atau proses, dan berbagai teknik analisis yang tersedia untuk menentukan penyebab atau penyebab kegagalan tertentu. Tindakan korektif kemudian dapat diambil untuk mencegah kegagalan lanjut dari jenis yang sama. Tindakan pencegahan adalah mungkin menggunakan mode kegagalan dan efek (FMEA) dan analisis pohon kesalahan (FTA) sebelum produksi skala penuh, dan metode ini juga dapat digunakan untuk analisis kegagalan . (COMMENT, 2015)

BIODATA

Nama : MU’AMAR ABIM AMIRULLAH
Alamat : Sumberjo, Sanan Kulon, BLITAR
Hobby : Sport

Motto : Berhenti berkhayal dan mulai melakukan

Daftar pustaka
ADMIN. (2011, 10 17). Pengertian HTTP Kegunaan dan Cara Kerja HTTP. Retrieved 11 2, 2016, from Pengertian HTTP | Fungsi & Kegunaan HTTP: http://jaringankomputer.org/pengertian-http-fungsi-cara-kerja-http/
Ahmad, A. (2016, 1 1). Pengertian Web Server Sebenarnya. Retrieved 11 2, 2016, from Buka Info: https://bukainfo.com/pengertian-web-server-sebenarnya/
COMMENT, A. C. (2015, 12 1). Pengertian Troubleshooting. Retrieved 11 2, 2016, from Pengertian Troubleshooting: http://arifh12.blogspot.co.id/2015/12/tugas-remidi.html
Jaringan, Z. T.-T. (2015, 3 1). Zona TKJ - Teknik Komputer dan Jaringan. Retrieved 11 2, 2016, from Zona TKJ - Teknik Komputer dan Jaringan: http://www.zonatkj.net/2015/03/cara-konfigurasi-web-server-linux.html
snewn. (2012, 6 14). snewn. Retrieved 11 2, 2016, from snewn: https://snewn.wordpress.com/2012/06/14/klasifikasi-jaringan-komputer/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar